Anggota Komisi V DPRD Provinsi Sumsel Akan Memperjuangkan Status 280 Mahasiswa Akademi Kesehatan Lingkungan Ke MENRISTEKDIKTI

demo 14 april 2016Dalam aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Mahasiswa Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) , pada kamis, 14 april 2016 mendatangi ke Kantor DPRD Sumsel. Pada aksi kunjungannya bertujuan menyampaikan aspirasi tentang kejelasan status kampus, kelembagaan Akademi Kesehatan Lingkungan milik Pemprov Sumsel. Dengan adanya permasalahan tersebut, Mahasiswa akademi kesehatan lingkungan (AKL) Pemprov Sumsel melakukan aksi penuntutan penyelesaian permasalahan yang sedang terjadi dikampus. Dalam aksi demo tersebut ada banyak harapan yang diinginkan oleh mahasiswa dan orang tua tentang kejelasan status kampusnya. Maka mahasiswa akademi kesehatan lingkungan pemprov sumsel,  mengungkapkan aspirasinya pada aksi demo tersebut ;

  1. Meminta DPRD Provinsi Sumsel untuk segera membentuk panitia khusus (Pansus) dalam menyelesaikan persoalan nasib 280 mahasiswa AKL yang semakin tidak jelas.
  2. Menuntut dan mendesak direktur Akademi Kesehatan Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk bertanggungjawab atas ketidak jelasan nasib 280 mahasiswa yang diakibatkan oleh buruknya penyelenggaraan sistem dan manajemen pendidikan di kampus.
  3. Menuntut dan mendesak direktur Akademik Kesehatan Lingkungan Pemprov sumsel untuk segera menindaklanjuti surat pernyataan kesediaan melayangkan surat ke MENRISTEKDIKTI Republik Indonesia yang berisikan tentang permohonan untuk melakukan merger(Penggabungan) AKL Ke Unsri.
  4. Menuntut dan mendesak direktur akademi kesehatan lingkungan pemprov sumsel untuk memberikan pertanggungjawaban, transparansi dan akuntabilitas atas keuangan yang dipungut dari mahasiswa persemester seperti uang study tour dan uang Ikatan Wali Mahasiswa (IWAMA).
  5. Menuntut dan mendesak direktur Akademik Kesehatan Lingkungan pemprov sumsel untuk melakukan proses akreditasi secara transparan dan akuntabilitas, sehingga dengan demikian diharapkan kampus akan lebih baik kedepannya.
  6. Meminta pihak kampus untuk segera menghentikan segala bentuk intimidasi pada mahasiswa Akademik Kesehatan Lingkungan  pemprov sumsel, yang sedang memperjuangkan dan menuntaskan permasalahan tersebut.

aksi unjuk rasa mahasiswa AKL Pemprov Sumsel, langsung diterima oleh anggota dewan dari Komisi V : H.Rizal Kenedi,SH. MM., Hasbi Hasadiki, S.Sos, MM., Dra Hj. Nurwati wahab, MM., Askweni. S.Pd., dan Mardiansyah. SHi. Sementara itu H. Rizal Kenedi SH. MM. Mengatakan bahwasanya dari komisi V yang membidangi Pendidikan akan langsung mendatangi ke MENRISTEKDIKTI. Akan memperjuangkan aspirasi mahasiswa AKL tentang status kampus tersebut, serta akan membentuk pansus.  apa yang menjadi harapan mahasiswa AKL akan diperjuangkan untuk yang terbaik  adik-adik mahasiswa Akademik Kesehatan Lingkungan Pemprov Sumsel. Untuk itu diharapkan pada mahasiswa tetap melanjutkan aktivitas belajarnya seperti biasa.