Audiensi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumsel dengan DPRD Provinsi Sumsel

a1Dalam pertemuan audiensi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) pada Kamis 31 Maret 2016 diruang Badan Musyawarah membahas tentang permohonan bantuan dana zakat.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Nopran Marjani, S.Pd, Wakil Ketua Fraksi PKS Askweni, S.Ps, Anggota Fraksi PAN Ir. H. Rudi Apriadi, MBA dan Pengurus BAZNAS.

Ketua BAZNAS menjelaskan tentang 5 program pokok BAZNAS yaitu Sumsel Makmur dimana BAZNAS memberikan bantuan pada para pedagang untuk tambahan modal, Sumsel Cerdas dimana BAZNAS memberikan bantuan Pendidikan untuk warga yang tidak mampu seperti binaan Pesantren tahfiz dan akan mencanangkan program baru yaitu SKSS (Satu Keluarga Satu Sarjana), Sumsel Sehat dimana BAZNAS memberikan bantuan dana kesehatan, Sumsel Taqwa dimana BAZNAS mengirimkan Da’i keberapa daerah guna untuk program Bina masyarakat dan Bina Mualaf terakhir Sumsel Peduli dimana BAZNAS memberikan bantuan bagi masyarakat yang terkena musibah seperti kebakaran, banjir dan sebagainya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Nopran Marjani mengatakan DPRD tunduk dengan peraturan perundang-undangan dan harus koordinasi dengan pihak keuangan laporannya dibuat satu lampiran berdasarkan Undang-Undang dan permudahlah masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai BAZNAS seperti no Rekening .

Menurut Ketua Fraksi PKS BAZNAS jangan hanya mengandalkan SKPD BAZNAS harus mempunyai Sticker Khusus yang terdapat No rekening, Selebaran, sosialisasi kemasyarakat, melakukan pendekatan kepada perusahaan dan pengusaha mitra pemerintah untuk mengkoordinasikan perintah berzakat.

Dan Menurut Ketua Fraksi PAN dana BAZNAS ini sudah tepat sasaran dan harus dibudayakan. Untuk kerjasama dana operasional BAZNAS dari APBD dan perlu dipertanggung jawabkan.

Dengan Berakhirnya pertemuan ini semoga BAZNAS menjadi pedoman dimasa depan dan Zakat menjadi lebih maju.