DPRD Sumsel Bentuk 5 Pansus Bahas 6 Raperda

web3Pembentukan lima pansus tersebut dilakukan dalam rapat Paripurna XXII DPRD Sumsel dengan agenda tanggapan Gubernur sumsel terhadap 6 Raperda provinsi sumsel dilanjutkan pembentukan pansus-pansus,senin 23 Januari 2017.

Rapat paripurna yang di pimpin Wakil ketua DPRD sumsel ,Nopran Marjani didampingi wakil ketua DPRD sumsel lainnya,Chairul S Matdiah,dihadiri Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki,Anggota DPRD Sumsel,perwakilan SKPD di lingkungan Pemprov Sumsel dan istansi lainnya.

Pembagian pansus di bacakan sekretaris DPRD sumsel,Ramadhan S Basyeban,yakni pansus I,dikoordinatori Chairul S Matdiah,dengan ketua Husni Thamarin membahas Raperda tentang ketentraman,kertiban umum dan perlindungan Masyarakat,kemudian pansus II,dikoordinatori Nopran Marjani,dengan ketua Budiarto Marsul membahas Raperda tentang perubahan ketiga atas perda nomor 3 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum dan Raperda perubahan keempat atas perda nomor 4 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha .

Selanjutnya,pansus III,dikoordinatori HM Giri Ramanda N Kiemas,dengan Ketua Muhammad F Ridho,membahas tentang Raperda tentang perubahan atas perda nomor 3 tahun 2011 tentang Pajak Daerah,lalu pansus IV,masih dikoordinatori HM Giri Ramanda N Kiemas dengan ketua pansus,A. Gani Subit membahas Raperda tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Sumsel tahun 2016-2035,terakhir pansus V,dikoordinatori M. Yansuri dengan ketua pansus,Holda membahas tentang Raperda tentang perubahan atas perda nomor 4 tahun 2013 tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif Ramah Anak.

”Pansus-pansus ini akan membahas dengan SKPD dan mitra kerja,mulai tanggal 24 Januari samapi tanggal 3 Januari,dan dilaporkan pada 6 Januari dalam rapat paripurna DPRD Sumsel,”kata pimpinan rapat,Nopran Marjani.

Sebelumnya,Gubernur semsel Alex Noerdin melalui wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki menyampaikan tanggapan terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi atas 6 Raperda dalam rapat paripurna DPRD Sumsel,senin 23 Januari 2017.web2

Dalam kesempatan itu,Wagub sumsel menanggapi satu persatu pandangan umum fraksi yang sebelumnya disampaikan oleh masing-masing juru bicaranya,yaitu Yulus Maulana dari fraksi PDI Perjuangan,Surip Januarto dari fraksi Demokrat,Hasbi Asadiki dari fraksi Golkar,Kartika Sandra Desi dari fraksi Gerindra,Mardiasyah dari fraksi PAN,Nanto dari fraksi PKB,Ali Imbron dari fraksi Hanura,Didi Apriadi dari fraksi partai Nasdem dan Ridwan dari fraksi  PK.