DPRD Sumsel Bentuk Pansus Bahas 8 Raperda

paripurna          DPRD Sumsel membentuk lima Panitia Khusus (Pansus) dalam rangka pembahasan dan penelitian untuk mendalami materi-materi dari ke 8 Raperda dirapat Paripurna V DPRD Sumsel.

Rapat Paripurna tersebut bertujuan memadukan secara optimal, keserasian dan keselarasan pandangan serta pendapat antara DPRD Provinsi Sumsel dengan pihak eksekutif terhadap perkembangan yang terjadi di masyarakat Sumsel pada umunya. Dan khususnya yang berkaitan dengan ke 8 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Sumsel yang diajukan Pemerintah Provinsi Sumsel.

Pansus I yang membahas dua Raperda, yaitu Raperda tentang perubahan ke empat atas Perda nomor 8 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Sumsel. Kemudian Raperda tentang perubahan keenam atas Perda nomor 9 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Bappeda dan Lembaga Teknis Daerah Provinsi Sumsel, Pansus ini dikoordinatori oleh Chairul S Matdiah dengan Ketua Kartika Sandra Desi, serta Wakilnya Husni Thamrin.

Pansus II membahas Reperda tentang kawasan tanpa rokok yang dikoordinatori Nopran Marjani, dengan Ketua Joncik Muhammad serta wakilnya Budiarto Marsul.

Pansus III membahas Raperda tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Daerah Perhotelan Swarna Dwipa, dengan Giri Ramanda sebagai Koordinator, dengan Ketua Muchendi Mahzareki serta wakilnya Usman Effendi.

Sementara Pansus IV membahas Raperda Tentang Ketenagalistrikan dan Raperda tentang Jasa Konstruksi, dengan Koordinator Giri Ramanda, Ketua Gani Subit serta wakilnya Nasrul Halim.

Sedangkan Pansus V membahas Raperda Tentang Kuliah Gratis dan Raperda Tentang Pelestarian Kebudayaan Daerah dengan Koordinator M Yansuri, Ketua Rizal Kenedi dan Wakil Ketua Srie Hernalini Nita Utami.

Setelah terbentuknya ke lima pansus tersebut, maka Pansus tersebut akan melaksanakan rapat-rapat pembahasan dan penelitian bersama dinas serta instansi terkait lainnya, dari tanggal 24 Februari- 3 Maret mendatang.

Dalam kesempatan tersebut pimpinan sidang M Yansuri berharap kiranya, Pansus I-V dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, serta dapat menyampaikan laporan hasil pembahasan dan penelitiannya dihadapan rapat paripurna V DPRD Prov. Sumsel pembicaraan tingkat II mendatang.

Selain itu pimpinan dewan juga mengharapkan dukungan, kerja sama dan saling pengertian yang sebaik-baiknya, sehingga dalam melaksanakan pembahasan dan penelitian dapat dilaksanakan secara tertib, lancar serta menghasilkan rumusan yang diharapkan bersama.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan Ishak Mekki, mewakili pihak Pemprov Sumsel menanggapi pemandangan umum fraksi-fraksi atas 8 Rancangan Raperda itu. Dalam kesempatan tersebut, Ishak Mekki menyampaikan ucapan terimakasih atas pertanyaan, tanggapan, dukungan, saran dan himbauan yang disampaikan para anggota dewan dari 9 fraksi, dalam pemandangan umum yang disampaikan dalam rapat paripurna sebelumnya.

Pihaknya berharap kiranya terhadap hal-hal yang belum jelas terutama mengenai substansi materi muatan 8 Raperda, kiranya dapat dibahas secara lebih mendalam bersama Dinas/Instansi terkait pada Rapat Pansus yang telah dibentuk.