DPRD Sumsel Dengar Penjelasan Gubernur Tentang RAPBD 2016

2 November           DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar rapat Paripurna X, Senin (2/11), dengan agenda mendengarkan penjelasan Gubernur Sumsel terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Sumsel 2016.

DPRD Provinsi Sumsel menggelar rapat paripurna X, Senin (2/11) dengan agenda mendengarkan penjelasan Gubernur Sumsel terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Sumsel 2016.

Acara Dilanjutkan dengan paripurna istimewa pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Sumsel Pergantian Antar Waktu (PAW) periode 2014-2019 kepada H Nasrun Madang, SH, Meriadi, SH, MSi, dan Agus Pianto SH.

Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas mengatakan, rapat paripurna istimewa ini penting dalam pelaksanaan azas kedaulatan rakyat di daerah yakni peresmian pengangkatan PAW Anggota DPRD Sumsel atas nama H Nasrun Madang, SH dari Partai Golkar , Meriadi SH MSi dari Partai Bulan Bintang dan Agus Pianto SH dari Partai Demokrat.

Menurut Giri, Proses pemberhentian antar waktu dan penggantian antar waktu ini dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang No 42 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang No 17 tahun 2014 tentang MP, DPR, DPD dan DPRD. “Dimana pada pasal 239 ayat (1) menyatakan bahwa anggota DPRD berhenti antar waktu karena meninggal dunia, mengundurkan diri, dan diberhentikan,” kata Giri.

Sementara Gubernur Sumsel dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada tiga orang yang baru diangkat menjadi anggota DPRD Sumsel. “Semoga anggota DPRD Provinsi Sumsel yang baru dilantik bisa segera melanjutkan program-program yang sudah dijalankan sebelumnya sehingga tuntutan-tuntutan dan harapan yang berkembang di masyarakat dapat segera di tingkatkan,” kata Alex.

Pada kesempatan ini, Alex menjelaskan, pada tahun 2015 pada masa mendatang, Provinsi Sumsel menghadapi tantangan berat yakni penyelenggara Asian Games 2018.

“Provinsi Sumatera Selatan bukan provinsi yang biasa-biasa saja, bukan pula provinsi yang paling besar atau paling kaya. Tetapi provinsi Sumsel adalah provinsi yang paling semangat membangun,” kata Alex.

Hal ini, lanjut Alex. Bisa dibuktikan Diana program program di provinsi Sumsel menjadi program nasional. Terkait Asian Games, Alex mengingatkan bahwa bukan Gamesnya yang menjadi target utama melainkan kesempatan untuk membangun sejumlah infrastruktur olahraga berstandar internasional ketika Sumsel menjadi penyelenggara event tersebut.

Sumber : SKH Seputar Indonesia