DPRD Sumsel Gelar Senam Poco-Poco nusantara memperingati HUT RI Ke-73 & Menyambuat Asian Games

Memperingati HUT RI ke- 73, dilakukan pemecahan rekor dunia senam poco-poco nusantara, Minggu 5 Agustus 2018. Kegiatan ini dilakukan serentak di Indonesia. Untuk kota Palembang senam poco-poco nusantara ini diselenggarakan di DPRD Sumsel.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Selatan, Tri Wardaya menjelaskan, jumlah peserta mencapai 6.000 orang dari target awal 5.500 peserta. Peserta senam poco-poco Nusantara ini tak hanya diikuti masyarakat, melainkan pelajar, pegawai dan anggota Polri juga ikut berpartisipasi.

“ASN, tenaga honor dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), karyawan BUMN, BUMD, POLRI, TNI, komunitas, sanggar dan pelajar di kota Palembang,” katanya. Pencatatan rekor dunia yang dilakukan oleh panitia Guinness World Records (GWR) hanyalah satu tempat yakni Kota Jakarta yang diikuti sekitar 65.000 peserta.

“Ada dua kota sebagai penyanggah untuk kegiatan ini yaitu kota Manado dan Palembang, setelah itu mendapat surat edaran dari Kemenpora bahwa seluruh provinsi di Indonesia serentak selenggarakan senam poco-poco nusantara hari ini,” ungkapnya.

Selain untuk memeriahkan HUT RI ke- 73 dan menyambut Asian Games, acara ini juga bertujuan untuk menyambung silahturahmi antar pegawai, anggota polri dan masyarakat dan juga guna sosialisai program pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

“Program pemerintah Germas ini mensosilaisikan kepada masyarakat untuk melakukan gerakan fisik (olahraga), banyak makan buah-buahan dan sayur serta melakukan cek kesehatan fisik secara rutin,” ungkapnya

Dalam Rangkaiaan Senam poco-poco nusantara terbesar untuk memecahkan rekor dunia ini terdapat pula, kegiatan Lomba Tarik Tambang antar OPD Provinsi Sumatera Selatan di DPRD Provinsi Sumsel.