DPRD Sumsel sampaikan Rekomendasi Terkait LKPJ Gubernur Tahun 2016

3Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Selatan menyampaikan rekomendasi terhadap Laporan Keuangan (LKPJ) Gubenur Sumsel tahun Anggaran 2016, dalam rapat paripurna Istimewa XII DPRD Sumsel, Kamis 27 April 2017.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas, SE.,MM didampingi jajaran Wakil Ketua DPRD Sumsel dan dihadiri Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin dan jajaran SKPD dilingkungan Pemprov Sumsel dan para undangan.

DPRD Sumsel melalui juru bicaranya, Zainuddin menjelaskan rekomendasi DPRD ini merupakan rangkuman dan penyelarasan hasil pembahasan dan penelitian dari pansus-pansus terhadap LKPJ Gubernur Sumsel tanhun anggaran 2016. Penyususnan rekomendasi DPRD Sumsel ini dilaksanakan tanggal 20 April hingga 26 April 2017.

Rekomendasi dibidang Pemerintahan ka Zainudin, terkait aset Pemprov Sumsel yang dibangun pihak ketiga pada saat akan diserah terimakan kepada Pemprov Sumsel harus telah selesai dilakukan appraisal.

Terkait Badan penghubung Provinsi Sumsel di Jakarta perlu di realisasikan penghasilan berupa tunjangan kemahalan bagi ASN Badan Penghubung Provinsi Sumsel di Jakarta dan penambahan kendaraan operasional guna menunjang optimalisasi tugas pelayanan pada badan penghubung Provinsi Sumsel.

Selain itu dalam melaksanakan perencanaan, penyusunan dan pengalokasian anggaran harus tetap mengedepankan skala prioritas program dan kegiatan yang akan dilaksanakan secara efektif dan efisien, tepat guna dan tepat sasaran serta berasas manfaat ditengah-tengah kondisi keuangan yang mengalami deficit anggaran saat ini.

Dibidang perekonomian ditunjukkan kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumsel, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperadi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan dan Dinas Perkebunan.

Sedangkan untuk bidang keuangan, untuk rekomendasi umum dijelaskan bahwa capaian realisasi pendapatan asli daerah yahun 2016 sebesar 82,70 persen dari target, maka kondisi ini harus menjadi perhatian serius semua pihak terhadap tidak tercapainya target tersebut dengan segera melakukan evaluasi meyeluruh mulai dari proses perencanaan, [elaksanaan, pengawasan, monitoring dan pelaporan secara komferhensif dan berbasis data akurat.

Untuk bidang pembanguanan ditunjukkna kepad Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumsel, Dinas Pengelolaan dan Sumber Daya Air Sumsel, Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sumsel, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan Sumsel, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumsel, Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sumsel.

Untuk bidang Kesejahteraan Rakyat ditunjukkan kepada Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Perpustakaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rumah Sakit Ernaldi Bahar, Biro Kesejahteraan Rakyat.

“Demikian rekomendasi DPRD Sumsel terhadap (LKPJ) Gubenur Sumsel tahun anggaran 2016 agar dapat ditindaklanjuti oleh Pemprov Sumsel dalam hal ini Gubernur Sumsel,”katanya.2

Usai pelaporan rekomendasi LKPJ Gubenur tersebut, dilakukan penandatanganan keputusan bersama antara DPRD Sumsel diwakili Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas dengan Gubenur Sumsel H. Alex Noerdin tentang rekomendasi DPRD Sumsel terhadap LKPJ Gubernur Sumsel tahun 2016.

Gubernur Sumsel H.Alex Noerdin mengucapkan terima kasih atas laporan pembahasan dan pnelitian yang disampaikan pansus-pansus DPRD Sumsel atas laporan LKPJ Gubernur Sumsel tahun anggaran 2016.

“Kami menyampaiakan apresiasi yang tinggi sehingga kedepan dapat ditingkatkan sedangkan mengenai program dan kegiatan yang masih perlu penyempurnaan dibidang administrasi dan palaksanaan kegiatan akan menjadi perhatian Pemprov Sumsel dan akan ditindaklanjuti penyempurnaannya sesuai target pembangunan yang telah ditetapkan,”kata Alex.

Sedangkan ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas mengatakan selesai tugas DPRD Sumsel membahas dan meneliti LKPJ Gubernur Sumsel tahun anggaran 2016.

“Pimpinan Dewan berharap apa yang telah direkomendasikan DPRD Sumsel akan menjadi perhatian Gubernur Sumsel untuk perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan kedepan,”pungkasnya.