DPRD Sumsel terima LKPJ Gubernur Sumsel

Rapat Paripurna  XLV DPRD Provinsi Sumsel, Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan dan Penelitian Pansus-Pansus DPRD Provinsi Sumsel Terhadap LKPJ Gubernur Sumsel Tahun Anggaran 2017 dan LKPJ Akhir Masa Jabatan Gubernur 2013-2018, Kamis 3 Mei 2018.

Sidang yang dipimpin oleh Pelaksana Tugas Ketua DPRD Sumsel, Uzer Effendi, dan dihadiri 38 Anggota DPRD Sumsel dari 69 Anggota DPRD Sumsel dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar.

Dari hasil penelitian dan pembahasan Pansus 1 DPRD Provinsi Sumsel berdasarkan hasil rapat internal Pansus I terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur Sumsel Tahun Anggaran 2017 dan Akhir Massa Jabatan Tahun 2013-2018 sesuai dengan bidang tugas Pansus 1, maka Pansus I mengambil kesimpulan Pansus 1 dapat menerima dan memahami Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur Sumsel Tahun Anggaran 2017 dan Akhir Massa Jabatan Tahun 2013-2018 dengan beberapa rekomendasi.

Kemudian Pansus 1 menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gubernur Sumsel atas totalitas dan dedikasinya serta pengabdiannya dengan segala potensi dan kemampuan leadershipnya sebagai pengemban amanah masyarakat Sumsel dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat Sumsel dalam kurun waktu lima tahun atau dari 2013 hingga 2018, yang telah berusaha mewujudkan Provinsi Sumsel terdepan ditingkat nasional dan internasional dalam  meningkatkan perekonomian masyarakat Sumsel.

“Kami memberikan apreasiasi kepada Gubernur Sumsel atas tuntasnya beberapa permasalahan batas wilayah administratif daerah di Sumsel yang terselesaikan dengan baik. Selain itu, Pansus I memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Organisasi Perangkat Daerah Pemprov sumsel atas kemampuan dalam membuat dan menyusun program perencanaan pembangunan,” beber Usman Efendi selaku juru bicara pansus 1.

Usman mengungkapkan, Pansus I juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setingi-tingginya kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah berhasil membangun kerukunan umat beragama, antar suku, antar etnis dan lainnya sehingga tercipta lingkungan yang kondusif.

Sementara itu Pansus II melalui juru bicaranya Rini Nuriswanto mengatakan, hasil pembahasan dan penelitian Pansus 2 DPRD Provinsi Sumsel terhadap Laporan Hasil Pembahasan dan Penelitian Pansus-Pansus DPRD Provinsi Sumsel Terhadap LKPJ Gubernur Sumsel Tahun Anggaran 2017 dan LKPJ Akhir Masa Jabatan Gubernur 2013-2018, Pansus 2 memiliki beberapa catatan.

Pansus II yang bermitra dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel, Dinas Kehutanan Sumsel, Dinas Perkebunan Sumsel, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel, Dinas Kesehatan Pangan dan Peternakan Sumsel, Dinas Perindustrian Sumsel, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM Sumsel, Dinas Penanaman Modal Sumsel, Biro Perekonomian Sumsel ini menuturkan, Pansus II berharap hasil pembahasan dan penelitian dapat dijadikan bahan tim penyusunan APBD Sumsel tahun, dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan Pansus II , ucapnya.

Sementara itu Pansus III yang dibacakan oleh Ahmad Sarnubi membahas Bidang Keuangan menyampaikan dapat menerima dan memahami serta merekomendasikan beberapa hal kepada pemerintah.

Pansus III bermitra dengan Badan Pendapatan Daerah Sumsel, BPKAD Sumsel, BUMD Sumsel yang terdiri dari Bank Sumsel-Babel, PT BPR Sumsel, PT Jamkrida Sumsel, PDPDE, PD Swarna Dwipa, PD Prodexim.

“Laporan pembahasan dan penelitian sebagai bahan yang kami sampaikan diharapkan menjadi pertimbangan mengambil keputusan tahap selanjutnya,” katanya.

Pansus IV yang membidangi Pembangunan hasil pembahasan dan dibacakan oleh M Subhan  menyampaikan,dapat menerima dan memahami LKPJ Gubernur tahun anggaran 2017 dan LKPJ Gubernur Akhir Masa Jabatan 2013-2018.

Pansus IV yang bermitra dengan Dinas PU Bina Marga Sumsel, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Sumsel, Dinas PU Sumber Daya Air Sumsel, Dinas Perhubungan Sumsel, Balitbangnovda Sumsel, Biro Administrasi dan Pembangunan Sumsel.

Pansus IV, memberikan penghargaan yang tinggi Kepada Alex Noerdin dan Ishak Mekki atas totalitas, dedikasi dan pengabdian serta kemampuan dalam mengemban amanah masyarakat Sumsel dalam pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyrakat sehingga menjadi provinsi terkemuka.

Pansus V dibacakan oleh Anwar Hasan membahas Bidang Kesejateraan Rakyat memberikan kesimpulan dapat menerima dan memahami LKPJ Gubernur tahun anggaran 2017 dan LKPJ Gubernur Akhir Masa Jabatan 2013-2018 dengan beberapa saran, masukan dan rekomendasi.

Pansus V bermitra dengan, Dinas Pendidikan Sumsel, Dinas Kesehatan Sumsel, RS Ernaldi Bahar, Dinas Sosial, BPBD Sumsel, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kebudayan dan Parawisata Sumsel, Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel, Dinas Perpustakaan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Biro Kesra Sumsel.

Pansus V mengapresiasi dan memberikan  penghargaan yang setinggi tingginya kepada Alex Noerdin dan Ishak Mekki yang telah mengemban amanah masyarakat Sumsel dengan sekuat tenaga. Hasil penelitian dan pembahasan akan dikompilasi yang selanjutnya menjadi rekomendasi DPRD Sumsel  kepada pemerintah.

Plt Ketua DPRD Provinsi Sumsel Uzer Effendi mengatakan, dari V Pansus yang dibentuk, semuanya menerima Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan dan Penelitian Pansus-Pansus DPRD Provinsi Sumsel Terhadap LKPJ Gubernur Sumsel Tahun Anggaran 2017 dan LKPJ Akhir Masa Jabatan Gubernur 2013-2018. “Mereka juga mengapresiasi kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel M Yansuri mengungkapkan, dalam Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan dan Penelitian Pansus-Pansus DPRD Provinsi Sumsel Terhadap LKPJ Gubernur Sumsel Tahun Anggaran 2017 dan LKPJ Akhir Masa Jabatan Gubernur 2013-2018 ini semua pansus menerima. “DPRD Provinsi Sumsel mengapresiasi kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel yang telah bekerja dengan sebaik-baiknya untuk memajukan Sumsel,” pungkasnya. (ern)