H. M. A. Gantada, SH, M.Hum Jabat Ketua Definitif DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Rapat Paripurna LIV (54) DPRD Provinsi Sumatera Selatan dengan agenda Penetapan Ketua Definitif DPRD Sumsel Sisa Masa Jabatan 2014-2019, Senin (03/12/2018). Rapat dipimpin oleh Plt. Ketua DPRD Prov. Sumsel, Muhammad Yansuri, S.IP, didampingi Wakil Ketua DPRD Prov. Sumsel, H Chairul S. Matdiah, SH, M.HKes dan Kartika Sandra Desi, SH. Serta sejumlah anggota DPRD Provinsi Sumsel periode 2014-2019 lainnya.

Pada Rapat Paripurna yang menetapkan H. M. A. Gantada, SH, M.Hum sebagai Ketua DPRD Prov. Sumsel definitif tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir. H. Mawardi Yahya, Sekda Sumsel H. Nasrun Umar, SH, MM serta jajaran OPD Prov. Sumsel dan undangan lainnya.

Plt. Ketua DPRD Prov. Sumsel M. Yansuri mengatakan bahwa rapat paripurna ini untuk menetapkan ketua definitif DPRD Sumsel.

“Jumat kemarin kita telah menerima surat DPD PDI Perjuangan Sumsel terkait ketua DPRD Sumsel yakni H. M. A. Gantada,” ujarnya.

H. M. A. Gantada sebagai Ketua DPRD Provinsi Sumsel mengatakan, ini langkah awal, untuk kemudian akan diproses lagi melalui Gubernur dan Mendagri untuk diterbitkan SK. “Prosesnya paling lama dua minggu. Kita upayakan secepatnya, agar kita bisa kerja, ” katanya.

Dia menambahkan, mulai hari ini pihaknya akan berkoordinasi dengan eksekutif, agar semua berjalan sebagaimana mestinya. “Kita akan akselerasikan program-program yang sudah berjalan baik akan kita teruskan,” ucapnya.

Pasalnya, lanjut Gantada, sejak ada kekosongan ini ada ketertinggalan agenda. Kedepan, ketertinggalan ini akan dipercepat. “Ada agenda-agenda Perda yang akan kita kejar, agar bisa selesai sebagaimana mestinya, ” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel dan juga mantan Ketua DPRD Sumsel, Giri Ramanda N Kiemas mengharapkan, ke depan sebagai Ketua DPRD Sumsel, MA Gantada diharapkan dapat menyelesaikan perda-perda yang belum selesai.

Terutama, lanjutnya, ada target setiap tahun minimal 10-15 perda dan sekarang ini tinggal sekitar satu tahun lagi, jangan sampai tidak selesai perda-perdanya.

“Bagaimana menjalankan, mengawal dan mengawasi perda-perda yang sudah ada, kalau perdanya sudah tidak layak maka dicabut dan perda yang relevan tetap jalan harus ditegakkan, jangan dikesampingkan, katanya.

Dalam rapat paripurna tersebut susunan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumsel juga berubah dengan komposisi Ketua Fraksi di jabat Robby Budi Puruhita, SE, Wakil Ketua Fraksi dijabat oleh H. Fahlevi Maizano, SH, MH, Sekretaris Fraksi di jabat Usman Effendi, SH, M.Hum, Wakil Sekretaris Fraksi Ike Mayasari, SH, Bendahara Fraksi di jabat Hj. Srie Hernalini Nita Utama, SE sedangkan sisanya adalah anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumsel.