Ikatri DPRD Sumsel menggelar Presentasi tentang public speaking dan retorika

ikatri 23-02-2016Ikatan Istri (IKATRI) Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan, menggelar pertemuan rutin, dengan melaksanakan presentasi tentang retorika dan public speaking, pada hari selasa, 23 Februari 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Aula lantai 3 Gedung DPRD Provinsi Sumsel.

Pertemuan ini dihadiri oleh Hj, Annisa Chairul S Matdiah, Lis Lady Yansuri Wakil Ketua Ikatri DPRD Sumsel dan Anggota Ikatri DPRD Prov. Sumsel, presentasi kali ini menghadirkan Dra. Diah Iskandar sebagai narasumber.

Pertemuan diawali oleh sambutan Wakil Ketua Ikatri Hj. Annisa Chairul S Matdiah, ia mengatakan, tujuan dilaksanakannya ceramah ini secara umum untuk meningkatkan pengetahuan tentang berkomunikasi dan berpidato di depan umum dan secara khusus bertujuan membekali pengurus dan Anggota Ikatri DPRD Prov. Sumsel dengan pengetahuan mengenai retorika.

Dra Diah Iskandar dalam presentasinya tentang Public Speaking dan retorika, menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini adalah, untuk membangun Citra diri positif, mampu berbicara jelas, tepat pada sasaran dan melatih bahasa tubuh dan kemampuan mendengarkan dengan efektif.

Ditambahkannya, dalam pembukaan suatu presentasi atau pidato, perlu ada start of fire / Ice breaking atau kemampuan untuk membuka presentasi/ mengawali pidato dalam artian memiliki kemampuan untuk membuat suasana kembali bersemangat dengan pidato yang akan disampaikan.

Lebih lanjut ia memberikan kiat praktis berbicara yang mudah untuk dipelajari dan dijadikan acuan dalam public speaking, yakni, pertama harus menguasai demam panggung kedua harus tahu apa yang dibicarakan dan target yang ingin dicapai, percaya diri, mengenali audience, dan mempunyai bahasa tubuh yang baik.

Diakhir presentasinya, ia berharap agar apa yang disampaikan hari ini menjadi hal yang baik untuk ibu-ibu Ikatri DPRD Sumsel dan tamu undangan lainnya.