Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Terima Anugerah Nawacita Legislasi

giri2Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-Ham) Republik Indonesia memberikan Anugerah Nawavita Legiaslasi Tahun 2016 kepada sejumlah Kementerian/lembaga, Pemerintah Provinsi (Pemprov), dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Pemberian Anugerah Nawacita Legislasi Tahun 2016 dilaksanakan di Hotel Mercure Ancol, Jakrta, Jumat (24/06).

Pemprov dan DPRD menjadi salah satu penerima anugerah tersebut untuk kategori Provinsi atas Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan No. 8 Tahun 2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Menteri Hukum dan HAM Yassona H Laoly menyerahkan Anugerah Nawacita Legislasi Tahun 2016 kepada Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas.

Pemprov dan DPRD Sumsel dinilai memiliki peraturan daerah (Perda) yang dibentuk berdasarkan nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Trisakti, Nawacita, asas-asas pembentukan dan asas-asas materi muatan menurut Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2011.

Menurut Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kemenkum-HAM RI Widodo Eka Tatjana, tujuan pemberian penghargaan Nawacita Legislasi Tahun 2016 adalah untuk melakukan evaluasi dan penataan terhadap regulasi di level kementrian/lembaga dan Pemda. Selain itu juga untuk memberikan motivasi agar dalam pembentukan Perda tidak bertentangan dengan peraturan di atasnya. Penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap para perancang peraturan perundang-undangan.

Menurut Ketu DPRD Sumsel Giri Ramanda N Kiemas anugerah yang diraih sebagai salah satu keberhasilan yang dicapai Pemprov bersama DPRD Sumsel. DPRD Sumsel sebagai lembaga Legiaslasi di tingkat daerah akan selalu berupaya menciptakan Perda yang selaras dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Trisakti, Nawacita.

DPRD Sumsel bersama Pemprov Sumsel juga berupaya semaksimal mungkin menciptakan perda yang bermanfaat dan berujung pada kepentingan masyarakat Sumsel.

Anugerah Keberhasilan yang dicapai karena terjalinnya kerja sama yang baik dan sinergitas Pemprov dan DPRD Sumsel. Semoga ke depan kerja sama dan sinergitas terjaga dan meningkat.