Ketua DPRD Sumsel sampaikan Materi pada acara Muswil I Sumsel di UIN Palembang

Senin 30 Oktober 2017 Ketua DPRD Provinsi Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas, SE.,MM memberikan materi dalam Musyawarah Wilayah I Sumatera Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Dikampus UIN Palembang.

Dalam Materinya Giri Ramanda Menyampaikan Indonesia saat ini membutuhkan para wirausaha muda untuk dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Negara. Jumlah wirausaha di Indonesia baru mencapai 0,24 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta, lainnya lebih memilih jadi karyawan atau pegawai negeri sipil alias PNS. Jumlah itu lebih rendah dibandingkan dengan wirausaha di beberapa negara luar yang tingkat pertumbuhan ekonominya tinggi, seperti Amerika Serikat yang mencapai 11%, Singapura 7%, dan Malaysia 5 %.

Oleh karena itu, mau tidak mau kebijakan pemerintah harus mengarah pada mengembangkan sektor kewirausahaan dan meningkatkan jumlah wirausahawan agar dapat berperan dalam mendukung ekonomi Negara.

Giri Ramanda menambahkan harus diingat juga pertumbuhan jumlah wirausahawan harus didukung oleh lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Pendidikan penting untuk memberi modal dasar bagi para wirausahawan. Melalui jalur pendidikan dapat mengubah pola pikir seseorang untuk menjadikan wirausahawan yang bekerja dengan menggunakan ide dan kreativitas. Peran perguruan tinggi, dalam hal ini dapat memotivasi para sarjananya menjadi young entrepreneurs, yang merupakan bagian dari salah satu faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan. Siklus yang kemudian terjadi adalah dengan meningkatnya wirausahawan dari kalangan sarjana akan mengurangi pengangguran, serta menambah jumlah lapangan pekerjaan.

Diakhir acara Ketua DPRD Sumsel diberikan kenang-kenangan berupa cinderamata berbentuk plakat dari Kampus UIN Palembang.