Koordinasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Ketua DPRD Prov. Sumsel Kunjungan ke Prov. Lampung.

Lampung, 17 September 2020

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH. melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung. Kedatangan Ketua DPRD Prov. Sumsel diterima oleh Wakil Ketua DPRD Prov. Lampung, Ibu Hj. Ririn Kuswantari, S.Sos., Kabag BUMD Biro Perekonomian Prov. Lampung, Ibu Rinfayanti, SE., MT., dan Kasubbid Evaluasi APBD BPKAD Prov. Lampung, Bapak Nurul Fajri, S.Sos., MT.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka koordinasi tentang strategi Daerah dalam membangkitkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, terutama di Daerah yang terdampak langsung.

Dijelaskan Wakil Ketua DPRD Prov.Lampung bahwa dalam mendongkrak perekonomian, Lampung melakukan delapan strategi atau program pemulihan ekonomi pasca Covid-19, di antaranya:

  1. Penguatan Kesehatan,
  2. Penguatan Program Perlindungan Sosial,
  3. Akselerasi Investasi,
  4. Pembangunan Pertanian
  5. Pemulihan Industri, Perdagangan, dan UMKM,
  6. Pemulihan Sektor Pariwisata,
  7. Pembangunan SDM, dan
  8. Pembangunan Infrastruktur.

Selanjutnya, Pemprov Lampung juga telah mengeluarkan Pergub Nomor 45 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produkif dan Aman (AKB-M2PA) Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sejak 30 Juli 2020. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat produktif dan aman pada situasi Pandemi Covid-19 dan mensinergikan keberlangsungan perekonomian masyarakat dan kebijakan pelaksanaan pembangunan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Prov. Sumsel menyambut baik dan mengapresiasi strategi yang diunggulkan Provinsi Lampung, dan apa yang menjadi program strategis oleh Provinsi Lampung dalam membangkitkan perekonomian ini bisa menjadi masukan bagi DPRD Prov. Sumsel dalam APBD Perubahan nanti.