Lanjutan Aksi Demo Mahasiswa Unsri di DPRD Prov Sumsel

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Sumatra Selatan kembali berunjukrasa di kantor DPRD Sumsel, Rabu 21 Maret 2018. Dalam aksi itu mereka sempat sholat asar berjamaah di depan kantor DPRD Sumsel.

Aksi yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB berjalan damai. Perwakilan mahasiswa diterima oleh Sekwan, Ramadhan Basyeban, dan kedua belah pihak bersepakat pada Senin 26 Maret 2018 nanti untuk berdialog dengan Ketua DPRD bersama anggota komisi yang membidangi apa-apa yang menjadi tuntutan mahasiswa.

Koordinator BEM SS, Trisno mengatakan, kedatangan kali ini merupakan aksi lanjutan dari Kamis 15 Maret 2018 lalu. Dimana mereka kembali menyampaikan aspirasi mengenai kelangkaan BBM (premium), soal impor pangan, menolak Undang-Undang MD3, serta terkait sikap refrisivitas terhadap aktivis.

“Dari data yang diberikan oleh kementerian dan beberapa daerah itu mengatakan, kita seharusnya belum dulu untuk mengimpor dan sekarang banyak sekali pangan yang diimpor, seperti beras, garam, jagung. Dan ini harus diakomodir oleh pemerintah (melalui dewan),” ungkap Trisno yang juga Presma Unsri, tersebut.

Sebetulnya, aksi kedua ini tidak perlu terjadi lagi, seandainya para mahasiswa ini memenuhi undangan dialog bersama dewan pada Senin 19 Maret 2018 lalu. Namun, Trisno beralasan jika teman-teman mahasiswa lainnya sudah ada agenda yang terjadwal, sehingga tidak bisa hadir.

“Kami pertama sekali tidak menyangka untuk agenda ini dilakukan secara dua kali, maksdunya kami harapkan di awal sudah selesai. Untuk Senin 26 Maret 2018, kami akan kirim perwakilan untuk hadir,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekwan Ramadhan Basyeban mengatakan, dirinya akan memfasilitasi para mahasiswa untuk berdialog dengan Ketua DPRD.

Dalam mediasi sore tadi, Sekwan langsung menghubungi Ketua DPRD melalui sambungan telepon, yang selanjutnya Trisno pun disuruh berkomunikasi. Dari pembicaraan itu, disepakati jika, Senin 26 Maret 2018, mahasiswa diajak berdialog terkait aspirasi yang disampaikan.