pejabat, ASN dan honorer Sekretariat DPRD Sumsel melaksanakan Shalat Istisqo

Ribuan jamaah yang terdiri dari pejabat, ASN  serta honorer dilingkungan Pemprov Sumsel, serta TNI dan Polri, mengikuti Sholat Istisqo yang dipusatkan di Halaman Griya Agung, Selasa 27 Agustus 2019.

Sholat Istisqo yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dipimpin oleh Ustadz KH Nawawi Dencik. Sebelum melakukan sholat, para jamaah melakukan zikir terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan  melaksanakan Sholat Istisqo. 

Seperti yang diketahui, berdasarkan informasi dan pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim kemarau tahun ini lebih panjang dikarenakan aktivitas di Samudera Pasifik yakni El Nino.

Dengan aktifnya El Nino menyebabkan musim kemarau di Sumsel berpotensi hingga akhir tahun 2019, dimana secara normal di Bumi Sriwijaya sejatinya curah hujan dan kelembapan akan menurun hingga puncak minimum pada Bulan Agustus dan September.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengungkapkan, peristiwa pagi ini mengingatkan semua pihak bahwa Allah SWT belum 40 hari memberikan kekeringan. Atas hidayah dari Allah SWT untuk berupaya mengatasi siklus alam dengan melaksanakan Sholat Istisqo.

“Sudah ribuan hektar  lahan terbakar, berbagai upaya juga sudah dilakukan. Akan tetapi, sampai saat ini belum juga diberikan hujan. Maka melalui Sholat Istisqo ini kita memohon supaya Alloh SWT mendengarkan doa kita supaya diberikan hujan,” ajak Herman Deru.