Pimpinan dan Anggota DPRD Prov. Sumsel Hadiri Launching Aplikasi “SiPantauCovid-19SS”

Ketua DPRD Prov. Sumsel (Hj. R. A. Anita Noeringhati, SH, MH), Wakil Ketua DPRD Prov. Sumsel (H. Muchendi Mahzareki SE), Anggota DPRD Prov. Sumsel (Prima Salam SH), menghadiri acara “Launching SiPantauCovid19ss” pada hari Senin, 4 Mei 2020 Pukul 13.00 WIB, bertempat di Sumsel Command Center Kantor Gubernur Sumsel.

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumsel meluncurkan aplikasi “Si Pantau Covid-19SS” untuk memudahkan pemantauan penyebaran pelaku perjalanan, Orang Tanpa Gejala (OTG), ODP dan PDP di Provinsi Sumsel, Launching Si Pantau Covid-19SS itu dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel H.Herman Deru di Command Centre Pemprov. Sumsel didampingi oleh Asisten I Prov. Sumsel, Asisten III Prov. Sumsel, Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah Prov. Sumsel, Dinas Perhubungan Prov. Sumsel, Dinas KOMINFO Prov. Sumsel. Dinas Kesehatan Prov. Sumsel.

Selain memudahkan pengiriman laporan terkait aktifitas selama karantina/isolasi mandiri serta kondisi kesehatan setiap hari selama 14 hari melalui smartphone. Aplikasi ini juga dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan jumlah tenaga pemantauan dan waktu pemantauan dalam memantau kepatuhan terhadap standar karantina/isolasi mandiri.

Gubernur Herman Deru mengaku bangga atas kehadiran dari aplikasi sipantaucovid19ss pada saat melaunching aplikasi Si Pantau Covid-19SS di Command Center Kantor Gubernur Sumsel, bahkan dia menilai dengan adanya aplikasi ini pemantauan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Aplikasi SipantuCovid19SS, terdapat Ada tiga penggunaan diantaranya :

1. Mobile Apps Pengguna untuk individu yang dipantau (pelaku perjalanan, OTG, ODP, PDP ringan) yang melakukan isolasi mandiri agar disipilin.
2. Mobil Apps Petugas Pemantauan, untuk petugas pemantau agar dapat melakukan pemantauan secara efektif dan efisien.
3. Web-based Apps Control Room, untuk posko Gugus Tugas Covid19 agar dapat memonitor pemantauan terhadap pelaku perjalanan, OTG, ODP, PDP ringan secara global.

Turut menyaksikan peluncuran aplikasi Si Pantau Covid-19SS  yaitu perwakilan FKPD Prov. Sumsel, Seluruh Bupati/Walikota se- Sumatera Selatan melalui video conference.