Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Prov. Sumsel, kunjungan kerja ke Dinas PU Perkim (Perumahan dan Permukiman) Provinsi Jawa Barat

Bandung, 14-17 September 2020

Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Prov. Sumsel, yang dipimpin Ketua Komisi; Bapak Muhammad F. Ridho, ST., MT., melakukan kunjungan kerja ke Dinas PU Perkim (Perumahan dan Permukiman) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terkait bidang tugas komisi IV yaitu bidang pembangunan dan Infrastruktur.

Bertempat di ruang rapat Dinas PU Perkim Prov. Jabar, Rombongan Komisi IV diterima oleh jajaran pejabat Dinas PU Perkim (Perumahan dan Permukiman) Provinsi Jawa Barat.

Dari kunjungan tersebut, didapat informasi mengenai program bedah rumah, dalam bentuk bantuan sosial (bansos) Gubernur yang dananya bersumber dari APBD. Bedah rumah adalah program Pemerintah Pusat (APBN), yang bersinergi dengan Anggota DPR RI dalam bentuk aspirasi wakil rakyat.

Dari kunjungan ini, nantinya Komisi IV DPRD Prov. Sumsel akan mengusulkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, untuk bisa membuat program bedah rumah, agar makin banyak masyarakat dari keluarga miskin bisa tinggal di rumah yang layak. Serta berharap nantinya ada landasan hukum yang jelas dalam peruntukan dana bagi bedah rumah itu, dan bisa diterapkan pada anggaran APBD 2021 mendatang.

Lebih lanjut, Komisi IV DPRD Prov. Sumsel memastikan akan ikut mengawal alokasi dana dimaksud dalam APBD, sehingga program rumah layak huni dapat terwujud. “Kami akan meminta kepada Pemprov agar rumah layak huni dapat dicantumkan dalam APBD, dan kami akan menargetkan sasarannya ke Dapil masing-masing, serta kepada masyarakat yang membutuhkan, sebagai upaya penurunan tingkat kemiskinan. Khususnya percepatan pemerataan peningkatan derajat kehidupan masyarakat di kawasan pelosok,” Ungkap Ketua Komisi IV DPRD Prov. Sumsel.