Plt. Ketua DPRD Prov. Sumsel Yansuri Hadiri Peresmian RS. Siti Fatimah

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin meresmikan nama Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sumsel dengan nama RSUD Siti Fatimah. RSUD Siti Fatimah ini ada di Jalan Kolonel H. Burlian.

Dalam acara peresmian ini dihadiri Plt. Ketua DPRD Prov Sumsel M. Yansuri, S.IP, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Alex mengatakan, dipilihnya nama RSUD Siti Fatimah setelah melakukan pembicaraan dengan berbagai pihak terkait. Setelah itu, muncul lima kandidat nama dan saat itu terpilihlah nama Siti Fatimah.

“Lima nama itu syaratnya harus sudah meninggal. Kedua, berjasa di bidang kesehatan sedangkan nama yang lain sudah menjadi nama jalan, gedung dan lain-lain di Sumsel. Sedangkan ibu Siti Fatimah belum maka disepakati nama RSUD Siti Fatimah,” ujar Alex, Senin 17 September 2018.

Siapakah Siti Fatimah? Siti Fatimah ini dulu merupakan anggota veteran istri dari pejuang kemerdekaan Sumsel Noerdin Pandji yang juga merupakan ibu kandung Alex Noerdin.

“Ibu Siti Fatimah ini memang pantas untuk dijadikan nama rumah sakit, bukan karena dia ibu dari seorang Gubernur Sumsel tetapi selama masa perjuangan ayahanda kami, Ibu Siti Fatimah dulu menjadi kepala dapur umum untuk merawat pejuang yang luka-luka. Disini veteran yang hadir menjadi saksinya,” jelasnya.

Selain itu, nama Siti Fatimah ini juga identik dengan nama Melayu. Apalagi, Sumsel ini juga merupakan daerah serumpun dari Melayu.

Alex menambahkan, pihaknya berharap RSUD Siti Fatimah ini dapat memberikan pelayanan bertaraf internasional kepada rakyat Sumsel. Tidak hanya pelayanan saja yang internasional tetapi juga nantinya harga bisa terjangkau dan juga di bagian-bagian pelayanan kesehatan yang lainnya bisa gratis.