Rapat Paripurna VI DPRD Provinsi Sumatera Selatan Bahas LKPJ Gubernur Sumsel Tahun 2014

9 maretDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Paripurna VI membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2014. Rapat ini berlangsung di Gedung DPRD Provinsi Sumsel.

Rapat yang diadakan DPRD Provinsi Sumsel kali ini merupakan implementasi dari ketentuan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2015, tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah menjadi Undang-Undang, pada Pasal 69 ayat (1) menyebutkan, bahwa Kepala Daerah Wajib menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban.

Pada tahun 2014 yang lalu merupakan tahun pertama belakangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Provinsi Sumsel periode 2013-2018. Tahun 2014 merupakan langkah awal pelaksanaan lima tahun tahapan pembangunan di Sumatera Selatan sebagai implementasi RPJMD.

“Kita sadari banyak juga permasalahan yang harus kita perjuangkan demi mencapai visi kita Sumatera Selatan Sejahtera, Lebih Maju, dan Berdaya Saing Internasional dan Alhamdulillah kita harus tetap bersyukur karena banyak penghargaan dan prestasi yang kita raih,” jelas Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin.

Gubernur Sumsel, pada kesempatan yang sama, juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Ketua, Wakil-Wakil Ketua, dan para anggota dewan yang terhormat atas kerja sama yang baik dalam penyelenggaraan pembangunan dan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan secara keseluruhan.

DPRD Provinsi Sumsel sangat mendukung Visi dan Misi yang dicanangkan oleh Gubernur Sumsel. Yaitu, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memantapkan stabilitas daerah, meningkatkan pemerataan yang berkeadilan, dan meningkatkan pengelolaan lingkungan yang lestari dan penanggulangan bencana.

Berangkat dari Visi dan Misi pembangunan tersebut maka DPRD Provinsi Sumsel dan Gubernur Sumsel saling berkoordinasi dalam melaksanakan tujuan Pembangunan jangka Menengah Daerah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2013-2018. Yaitu, meningkatkan mutu sumber daya manusia, mengurangi kesenjangan pendapatan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengendalikan harga, mengurangi pengangguran, mengurangi kemiskinan dan mengurangi laju penurunan kualitas lingkungan.