Sembilan Fraksi Terima Jawaban Gubernur

web1            Sebanyak sembilan Fraksi-Fraksi DPRD Sumsel menerima dan menyetujui jawaban Gubernur Sumsel terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Sumsel terhadap Raperda APBD Prov. Sumsel Tahun Anggaran 2016 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Prov. Sumsel pada hari Kamis 17 November 2016.

Wakil Ketua DPRD Sumsel Nopran Marjani selaku pimpinan sidang yang dihadiri 39 Anggota dewan ini menyatakan selanjutnya akan dilakukan pembahasan komisi bersama SKPD, 1-24 November 2016.

“18-24 November 2016 akan melakukan pembahasan Komisi bersama SKPD, untuk Selanjutnya akan dilaporkan pada rapat paripurna, umat 25 November yang akan datang,” kata Nopran.

Menanggapi pemberitaan baik di media cetak maupun elektronik beberapa hari lalu yang menyatakan bahwa sebanyak 3.797.261 orang di wilayah Provinsi Sumsel belum tercover jaminan kesehatan, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki angkat bicara memberikan penjelasan. Menurut Ishak Mekki, saat ini sedang dilakukan kajian tentang integrasi program Jamsoskes Sumsel semesta ke Program JKN-KIS. Dijelaskannya, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumsel membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mendanai seluruh masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan untuk bergabung dengan Program JKN-KIS.

Upaya yang dilakukan di antaranya, Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota terus menerus memberikan advokasi kepada masyarakat yang mampu agar mendaftarkan diri secara mandiri sebagai peserta BPJS Kesehatan Mandiri, sehingga jumlah masyarakat yang nanitinya akan ditanggun pemerintah benar-benar masyarakat yang tidak mampu. Selain itu, memperkuat upaya promotif dan preventif melalui gerakan bersama untuk hidup sehat terus dilakukan. “Dua langkah ini telah dilakukan untuk menekan besaran biaya dibutuhkan pemerintah terkait jaminan kesehatan,” kata Ishak Mekki menanggapi pemandangan umum Fraksi Demokrat melalui Juju bicaranya Muhammad F Ridho ST MT yang mengharapkan adanya penjelasan terkait pemberitaan di media mengenai Jaminan Kesehatan.

Ishak menanggapi semua kesembilan Fraksi-Fraksi DPRD Sumsel telah menyampaikan pemandangan umumnya melalui juru bicara masing-masing fraksi. Fraksi-Fraksi DPRD Sumsel meliputi, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi PKB, Fraksi Hanura, Fraksi Nasdem dan Fraksi PKS.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, Pihaknya menyadarai masih diperlukan tanggapan atau penjelasan lebih lanjut yang lebih detail terkait tanggapan dan atau jawaban Gubernur Sumsel ini.

“Kita harapkan dapat dibahas lebih detail bersama SKPD terkait yang membidangi dalam rapat-rapat Komisi, dia mengapresiasi DPRD Sumsel atas kerja sama yang baik selama ini, harapan kita pembahasan Raperda APBD Sumsel 2017 ini bisa selesai tepat waktu,” pungkasnya.