VISI, MISI GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMATERA SELATAN PERIODE 2018 – 2023 “SUMATERA SELATAN MAJU UNTUK SEMUA”

DPRD Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Paripurna Istimewa XXVI dalam rangka Penyampaian Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Masa Jabatan 2018 – 2023, Senin (08/10/2018). Rapat Paripurna Istimewa XXVI tersebut di pimpin oleh Plt. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Muhammad Yansuri, S.IP, serta didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, H. Chairul S Matdiah, SH, MH.Kes dan Kartika Sandra Desi, SH dan dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Hadir pula undangan dalam Rapat Paripurna Istimewa XXVI tersebut yaitu Forkopimda Provinsi Sumatera Selatan, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, Bupati/Walikota di Sumatera Selatan, Ketua DPRD Kabupaten/Kota dan OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan serta undangan lainnya.

Plt. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Muhammad Yansuri, S.IP, dalam sambutan pengantar Rapat Paripurna Istimewa XXVI, mengatakan bahwa kegiatan rapat paripurna istimewa ini mempedomani surat edaran dari Menteri Dalam Negeri, dimana bagi gubernur, walikota, dan bupati yang telah dilantik agar menyampaikan pidato sambutan gubernur, walikota dan bupati pada sidang paripurna istimewa di masing-masing DPRD provinsi, kabupaten/kota setelah melakukan serah terima jabatan.

Dalam pidatonya Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang didampingi Wakil Gubernur H. Mawardi Yahya, menyampaikan visi “Sumatera Selatan Maju Untuk Semua” dan lima misi yaitu pertama Membangun Sumatera Selatan, berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan diperkotaan maupun pedesaan, kedua meningkatan SDM baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan, profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas, ketiga mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas KKN dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintah yang jujur, berintegritas, profesional dan responsif.

Misi yang keempat yaitu membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pebangunan wilayah pedalaman dan perbatasan, untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah, dan kelima meningkatan kehidupan beragama, seni dan budaya untuk membangun karakter kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya dengan ditopang fisik yang sehat melalui kegiatan olahraga, sedangkan pengembangan pariwisata berorientasi pada pariwisata religius.

Pada akhir pidatonya Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan visi dan misi tersebut akan dijabarkan dalam rencana pemerintah jangka menengah daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Selatan 2018-2023, dalam kesempatan tersebut Herman Deru mohon dukungan dan kerjasamanya agar RPJMD dapat selesai tepat waktu.